Begini Cara Menumbuhkan Rasa Percaya pada Pasangan Hidup

Diposting pada
Sahabat Ummi, apakah pernah dikhianati kepercayaan oleh pasangan hidup? Tak bisa dipungkiri, akan sedikit sulit untuk memulihkan rasa percaya jika pernah dikhianati sebelumnya.

Akan tetapi, mau sampai kapan memendam rasa tak percaya pada pasangan hidup? Karena segala sesuatu bisa berubah, sifat seseorang pun bisa saja berubah.

Apalagi kepercayaan merupakan fondasi penting dari sebuah hubungan, terutama hubungan pernikahan. Jika kita menghendaki ketentraman hati, rumah tangga yang samara, sudah pasti harus belajar percaya pada pasangan hidup.

Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa tips menumbuhkan rasa percaya pada pasangan, semoga bermanfaat:

1. Sadari pentingnya berhusnudzon!

Jangankan pada pasangan hidup, pada orang lain sesama muslim pun kita perlu menumbuhkan prasangka baik. Bahkan jika ada suatu hal yang terlihat buruk, kita perlu memperkirakan 70 lebih alasan-alasan baik, jika tak menemukan 70 alasan baik barulah boleh berprasangka buruk.

Prasangka baik atau husnudzon pada pasangan hidup in syaa Allah bisa membawa rumah tangga kita pada ketenangan, kedamaian, karena Allah pun mengikuti prasangka hambaNya.

Jika kita sebagai hamba Allah selalu berpikir bahwa pasangan kita bersifat buruk, tak dapat dipercaya, selalu berkhianat, maka Allah akan mengabulkan terus prasangka tersebut. Naudzubillah min dzalik.

2. Komunikasikan ketidaknyamanan kita pada pasangan

Jika merasa tak nyaman dengan sikap suami, rasanya kurang bisa mempercayai sikapnya, maka cobalah komunikasikan masalah ini agar suami pun bisa memperbaiki dirinya.

Apalagi jika sebelumnya suami pernah melakukan ‘pengkhianatan’ terhadap kepercayaan kita, mintalah ia untuk membuktikan kesungguhan perubahan sikapnya.

Hanya memendam sendiri perasaan tak nyaman tidak akan mengatasi permasalahan. Semakin sering berkomunikasi, semakin lancar komunikasi dengan pasangan, in syaa Allah semakin akan menumbuhkan rasa percaya.

 

Baca juga: Bukan Saling Cinta, Tapi Saling Percaya yang Lebih Penting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *